Rabu, 02 November 2016

JENIS - JENIS RAM DAN ROM

  1. Jenis - jenis Ram
  • DRam (Dynamic Ram)
Merupakan jenis Ram yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu IC. Karena kapasitornya selalu bocor, informasi yang tersimpan akhirnya hilang kecuali kapasitor itu di "refresh" secara berkala. Karena kebutuhan dalam penyegaran, hal ini yang membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori (SRAM) statik memori dan lain-lain.

Keuntungan dari DRAM adalah strukturnya sederhana:
hanya satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, dibandingkan dengan empat di Transistor SRAM. Hal ini memungkinkan DRAM untuk mencapai kepadatan sangat tinggi. Tidak seperti flash memori, memori DRAM itu mudah "menguap" karena kehilangan datanya bila kehilangan aliran listrik.

  • SDRam (Synchronous Dynamic Ram)
Merupakan sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan dalam PC dari tahun 1996 hingga 2003. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state.
RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM serta dapat digunakan terutama dalam cache

  •  SRam (Static Ram)
Kata "statik" menandakan bahwa memori memegang isinya selama ada listrik, tidak seperti Dynamic RAM (DRAM) yang harus "disegarkan" secara periodik. Hal ini dikarenakan SRAM didesain menggunakan transistor tanpa kapasitor. Tidak adanya kapasitor membuat tidak ada daya yang bocor sehingga SRAM tidak membutuhkan refresh periodik.

Chip SRAM lazimnya digunakan sebagai cache memori , hal ini dikarenakan kecepatannya. Saat ini SRAM dapat diperoleh dengan waktu akses dua nano detik atau kurang, kira kira mampu mengimbangi kecepatan processor 500 MHz atau lebih.

  • RDRam (Rambus Dynamic Ram)
Rambus DRAM (RDRAM) dan Concurrent Rambus DRAM (CRDRAM) dan Direct Rambus DRAM (DRDRAM) adalah tipe dari Synchronous Dynamic RAM yang dikembangkan oleh perusahaan Rambus pada akhir tahun 1980 sampai awal tahun 2000.

Pengembangan ini menjadi polemik karena Intel berusaha memperkenalkan PC133MHz. RDRAM ini memiliki jalur data yang sempit (8 bit) tetapi kinerjanya tidak dapat diungguli oleh DRAM jenis lain yang jalur datanya lebih lebar dari RDRAM yaitu 16 bit atau bahkan 32 bit. Hal ini karena RDRAM ini memiliki Memory Controller yang dipercanggih. Tentunya hanya motherboard yang mendukung RAMBUS saja yang bisa memakai DRAM ini, seperti MotherBoard untuk AMD K7 Athlon.

  • FPM DRAM (First Page Mode DRAM)
Kecepatan transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB/s. Page Mode DRAM kemudian ditingkatkan dengan modifikasi kecil yang latency-nya jauh berkurang. DRAM dengan peningkatan ini disebut First Page Mode DRAM (FPM DRAM).

  • EDO DRAM (Extended Data Out DRAM)
EDO DRAM, sering disebut sebagai Hyper Page Mode enabled DRAM, mirip dengan Fast Page Mode DRAM dengan fitur tambahan yang dapat memulai siklus akses baru dan menjaga output data siklus sebelumnya aktif. Hal ini memungkinkan beberapa operasi akan tumpang tindih (pipelining), yang memungkinkan sedikit peningkatan performa. EDO DRAM 5% lebih cepat dari FPM DRAM, yang mulai digantikan pada tahun 1995, ketika Intel memperkenalkan chipset 430FX yang didukung EDO DRAM.

  • Flash Ram 
Adalah jenis memory berkapasitas rendah yang digunakan pada perngkat elektronika seperti, TV, VCR, radio mobil, dan lainnya. Memerlukan refresh dengan daya yang sangat kecil.



      2. Jenis - Jenis ROM
  • PROM (Programable ROM)
Programmable read-only memory (PROM) atau Field Programmable read-only memory (FPROM) atau One-Time Programmable memory non-volatile (OTP NVM) adalah suatu bentuk memori digital di mana pengaturan setiap bit dikunci oleh fuse atau antifuse. Ini adalah salah satu jenis ROM (read-only memory). Data di dalamnya adalah permanen dan tidak dapat diubah.

  • EPROM (Erasable Programmeble ROM)
Adalah jenis chip memori yang mempertahankan data ketika catu daya dimatikan. memori komputer yang dapat mengambil data yang tersimpan setelah pasokan daya listrik telah dimatikan dan kembali disebut non-volatile. Ini adalah sebuah array transistor floating-gate yang langsung diprogram oleh perangkat elektronik yang memasok tegangan tinggi yang biasanya digunakan dalam rangkaian digital. Menyediakan fleksibilitas selama fase pengembangan system digital. Karena EPROM mampu mempertahankan informasi tersimpan untuk waktu yang lama, maka dapat digunakan untuk mengganti ROM pada saat software dikembangkan. EPROM dihapus dengan sinar UV.

  • EEPROM (Electrically Erasable ROM)
Memori ini merupakan ROM yang dapat ditulis kapan saja tanpa menghapus isi sebelumnya, hanya byte-byte yang beralamat yang akan di-update. Operasi write akan memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan operasi read, dalam penghapusan data yang ada di  EEPROM diperlukan tegangan yang berbeda untuk penghapusan, penulisan, dan pembacaan data yang tersimpan.



sumber : https://en.wikipedia.org



Tidak ada komentar:

Posting Komentar